Mekanisme Dilakukannya Proses Bayi Tabung
Lifestyle

Proses bayi tabung merupakan salah satu pilihan alternatif yang kerap dipilih banyak pasangan yang kesulitan mendapatkan momongan. Namun ternyata program bayi tabung berjalan sangat lama dan menjalani beberapa fase. Nah, di bawah ini merupakan mekanisme penerapan program bayi tabung.

Ketahui Siklus Menstruasi

Sebelum menerapkan bayi tabung, ternyata Anda harus mengetahui bagaimana siklus menstruasi. Selain itu, Anda juga disarankan untuk mengonsumsi pil kontrasepsi. Mengapa harus demikian? Sebab hal ini ternyata dapat meningkatkan keberhasilan program bayi tabung dan mengurangi risiko terjadinya sindrom hiperstimulasi dan kista ovarium.

Namun jika Anda belum juga mendapatkan siklus ovulasi, biasanya dokter akan menyarankan Anda untuk melakukan pengobatan progesteron dalam bentuk Provera. Biasanya Anda akan diminta untuk menggunakan GnRH dan antagonis selama 6 hari setelah mengambil pil Provera. Ada sebaiknya Anda mengikuti instruksi dari dokter ketika menjalankan program ini.

Saat Program Bayi Tabung Dimulai

Pada umumnya, program bayi tabung akan dimulai pada hari pertama ketika Anda mengalami menstruasi. Sedangkan untuk hari kedua menstruasi, ada kemungkinan sang dokter akan menganjurkan Anda untuk melakukan tes darah dan USG.

Tes darah tersebut dilakukan untuk melihat kadar estrogen Anda terutama estradiol atau yang lebih dikenal dengan E2. Tes ini dilakukan demi memastikan bahwa ovarium Anda dalam keadaan tidur yang disebabkan oleh suntikan antagonis GnRH.

Sedangkan tes USG berfungsi untuk mengetahui ukuran ovarium Anda. Tes ini juga bermanfaat untuk mengetahui apakah ada kista pada bagian ovarium Anda atau tidak. Apabila Anda memiliki kista, biasanya dokter akan menangani kista terlebih dahulu sebelum melakukan program.

Proses bayi tabung akan dimulai dengan stimulasi menyuntikkan obat kesuburan pada tubuh Anda. Biasanya Anda akan diajarkan bagaimana cara menyuntikkan obat itu sendiri di rumah. Sebab Anda kan sering menyuntikkan obat kesuburan itu sendiri. Banyaknya dan lamanya suntikan itu sendiri tergantung dengan aturan pengobatan Anda.

Stimulasi ini bertujuan demi meningkatkan ovarium untuk memproduksi sel telur dalam jumlah yang lebih banyak. Dengan demikian, semakin banyak sel telur yang bisa diambil, semakin besar pula peluang keberhasilan untuk Anda.

Dengan menjalankan stimulasi ini, jumlah sel telur yang diproduksi akan lebih meningkat. Dengan meningkatnya jumlah sel telur yang dihasilkan, maka semakin meningkat pula kesuksesan Anda untuk dapat hamil. Pada masa ini, dokter akan terus memantau perkembangan dan pertumbuhan folikel melalui tes darah dan USG.

Pematangan Oost atau Telur dalam Rahim

Sel telur harus menyelesaikan perkembangan dan pertumbuhannya sebelum diambil. Suntikan humam chorionic gonadoropin (hCG) bertujuan untuk memicu pematangan oosit. Biasanya suntikan hCG ini akan diberikan selama empat kali atau lebih demi mendapatkan ukuran folikel 18-20 mm dengan kadar estradiol lebih dari 2000 pg/ml.

Nah, di atas merupakan mekanisme dilakukannya proses bayi tabung yang perlu Anda tahu sebelum menjalaninya. Bagaimana apakah Anda termasuk pasangan yang tertarik melakukan program bayi tabung?

Lifestyle
Cara Memiliki Pernikahan yang Mewah

Cara Memiliki Pernikahan yang Mewah adalah impian bagi setiap pasangan yang menikah. Anda punya gaun itu dan Anda merasa cantik, tetapi bagaimana lagi Anda bisa menjadikan hari besar Anda lebih istimewa? Jika Anda menyukai tampilan pernikahan yang mewah tetapi tidak cukup memiliki saldo bank untuk mengakomodasi, tips perencanaan pernikahan ini …

shares